10 Kelebihan dan Kekurangan Infinix Hot 10

10 Kelebihan dan Kekurangan Infinix Hot 10

Diposting pada

Jika mau menyebut ponsel yang konsisten hadir di kelas harga Rp1 jutaan, maka Infinix adalah jawabannya. Vendor yang punya kantor pusat di Hongkong tersebut konsisten menghadirkan seri ponsel di kelas harga Rp1 sampai Rp2 juta.

Hampir semua seri yang dihadirkan ada di kelas harga ini. Sebut saja Infinix Hot 8, Infinix Hot 9, Infinix S5 Lite, Infinix Smart 5, dan lainnya. Melengkapi seri tersebut, Infinix Indonesia menghadirkan Infinix Hot 10.

Dari namanya, jelas ponsel ini jadi penerus dari Infinix Hot 9. Lantas, seperti apa ponsel ini? Apa kelebihan dan kekurangan Infinix Hot 10? Untuk menjawabnya, mari simak selengkapnya berikut ini.

Spesifikasi Infinix Hot 10

  • Rilis: Oktober 2020
  • Layar: IPS LCD 6,78 inci
  • Chipset: Mediatek Helio G70
  • GPU: Mali-G52 2EEMC2
  • RAM: 3/4 GB
  • Memori Internal: 64/128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 16 MP + 2 MP + 2 MP + VGA
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 5200 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan Infinix Hot 10

Penasaran dengan Infinix Hot 10 yang hadir dengan segudang kelebihan? Nah, ini dia beberapa kelebihan perangkat yang mungkin akan menarik hati Anda untuk membelinya.

1. Performa Tergolong Oke di Kelasnya

Infinix Hot 10

Infinix Hot 10 dibekali dengan chipset dengan proses fabrikasi 12 nm dari Mediatek. Chipset tersebut adaah Helio G70. Chipset ini juga hadir di ponsel lain yang bisa dibilang jadi pesaing Infinix Hot 10, Realme C3.

Helio G series ini merupakan chipset Mediatek yang sedang naik daun. Pasalnya, banyak vendor yang memakai Helio G series. Sebut saja Redmi Note 8 Pro dan Realme 6 yang memakai Helio G90T. Atau Realme 7 yang memakai Helio G95. Ada juga Redmi 9 yang memakai Helio G80.

Di dalam chipset Helio G70 sendiri, tersemat prosesor octa core. Prosesor tersebut terdiri dari 2 core Cortex-A75 berkecepatan 2.0 GHz untuk performa kencang dan 6 core Cortex-A55 1.7 GHz untuk kebutuhan performa yang lebih hemat daya. Chipset ini memiliki pengolah grafis bernama GPU Mali-G52 2EEMC2.

Performa dari Helio G70 sendiri terbilang bagus di kelasnya. Terbukti dari nilai Antutu yang didapatkan Infinix Hot 10 yang mendekati angka 200 ribu.

antutu infinix hot 10

*Sumber: https://youtu.be/7aH04-68av8 (S4Star Tech)

Dengan angka yang cukup tinggi tersebut, tidak berlebihan menyebut jika performa ponsel ini tergolong bagus di kelasnya. Situs Androidkenya sampai menyebut jika Infinix Hot 10 memiliki performa yang bagus di kelasnya dan dapat menangani berbagai tugas dengan baik.

Situs Tech-is juga mengatakan kalau performa dari Infinix Hot 10 tergolong bagus di kelas harganya. Apalagi karena Helio G70 dibekali teknologi optimal untuk main gim yang dinamakan Mediatek’s Hyperengine Game Technology.

Fakta menarik dari Infinix Hot 10 adalah bahwa chipset yang dipakai di Infinix Hot 10 ternyata juga digunakan di Infinix Note 7. Harga Infinix Note 7 sendiri mendekati Rp2 jutaan.

2. Layar Cerah di Kelasnya

Infinix Hot 10

Infinix Hot 10 hadir dengan dimensi layar 6,78 inci. Layar yang tentunya tergolong besar. Terlebih layar ini menawarkan rasio layar ke bodi sebesar 82,2%. Layarnya sendiri memakai panel IPS LCD dengan resolusi 720 x 1640 piksel.

Situs Tech-ish menyebut jika layar ponsel ini tergolong bagus untuk kelasnya. Memang resolusinya hanya HD+ tetapi warna dari layarnya tergolong menonjol. Sementara menurut situs Techweez, layar ponsel ini menawarkan tampilan cerah dan penuh warna sehingga nyaman untuk menikmati media sosial, menjelajahi web, dan menonton YouTube.

Bisa dibilang, untuk kelas harganya, layar ponsel ini tergolong oke. Meski dimensi layar yang sebenarnya besar tetapi tergolong cukup bagus.

3. Daya Tahan Baterai yang Baik

baterai infinix hot 10

Infinix Hot 10 menawarkan baterai berkapasitas 5.200 mAh. Dengan kapasitas baterai tersebut, baterai Infinix Hot 10 dapat bertahan lama. Situs Androidkenya bahkan menyebut jika daya tahan baterai ini bisa sampai 2 harian.

Sementara Techweez menyebut jika mereka mendapatkan 15 jam screen on time. Dan hasil tersebut tergolong bagus. Layar yang hanya HD+ dan efisiensi Helio G70 bisa jadi berpengaruh besar terhadap efisiensi daya ponsel ini.

4. Menawarkan Audio DTS

desain infinix hot 10

Infinxi Hot 10 termasuk sebagai ponsel Rp1 jutaan yang unggul dari sisi audio. Pasalnya, ponsel ini menawarkan teknologi audio DTS yang tergolong nyaman di telinga.

Berkat teknologi ini, Infinix Hot 10 dapat menghasilkan efek suara yang dipersonalisasi untuk menikmati pengalaman audio dengan lebih baik. Sesuatu yang jarang ditemukan di ponsel lain.

5. XOS dan Fitur Khusus

fitur infinix hot 10

Infinix Hot 10 hadir dengan sistem operasi XOS7.0 berbasis Android 10. XOS7.0 ini menawarkan berbagai fitur menarik. Contohnya adalah tampilan desain visual baru dengan warna trendi dan kaya untuk pengalaman penggunaan yang lebih baik.

Ada juga fitur pintar seperti Smart Scanner, Ear-sensor Receiver, Ulife, dan lainnya. Satu fitur yang menarik yang tidak boleh dilewatkan adalah kemampuan memindai dokumen. Untuk mengaktifkan fitur ini, bisa mengaktifkan mode dokumen yang nantinya bekerja mengoreksi hasil foto dokumen. Sangat bagus untuk yang sering memotret dokumen.

6. RAM dan Storage Besar di Kelas Harganya

harga infinix hot 10

Infinix Hot 10 bisa dibilang memiliki keunggulan di sektor memori. Pasalnya, Infinix Hot 10 menawarkan RAM 4 GB di kelas harga Rp1 jutaan. Padahal, vendor lain menawarkan ponsel dengan RAM 4 GB di atas harga Rp2 jutaan. Selain itu, Infinix Hot 10 juga menawarkan memori internal atau storage yang besar, yakni 64 GB dan 128 GB.

Untuk harganya sendiri, Infinix Hot 10 varian 4/64 dibanderol Rp1.749.000 dengan harga flash sale Rp1.599.000. Sementara Infinix Hot 10 varian 4/128 dibanderol Rp1.949.000 dengan harga flash sale Rp1.799.000. Harga yang tentunya menarik jika menilik spesifikasi memori yang ditawarkan.

Kekurangan Infinix Hot 10

Selain dari kelebihannya, Infinix Hot 10 juga ternyata mempunyai beberapa kekurangan yang cukup disayangkan seperti yang bisa dilihat di bawah ini.

1. Kamera yang Biasa Saja

Infinix Hot 10

Infinix Hot 10 hadir dengan konfigurasi empat kamera belakang. Keempat kamera tersebut terdiri dari kamera utama 16 MP, kamera makro 2 MP, kamera depth 2 MP, dan satu kamera AI. Penasaran dengan hasil kameranya? Berikut beberapa contoh hasil jepretan kamera belakang Infinix Hot 10.

 

hasil kamera infinix hot 10

* sumber: tech-ish.com

hasil kamera infinix hot 10

* sumber: tech-ish.com

hasil kamera infinix hot 10

* sumber: techweez.com

Pada dasarnya, di kelas harga Rp1 jutaan, tentu tidak perlu berharap banyak akan kualitas kameranya. Namun, Infinix Hot 10 sedikit memberikan lebih.

Hasil tangkapan kamera foto ini tergolong bagus di kondisi pencahayaan yang baik tetapi gagal dalam pencahayaan yang kurang. Hal tersebut diungkpakan oleh situs Tech-ish. Situs Androidkenya juga mengatakan hal yang hampir serupa. Hal ini wajar karena ponsel lain di kelas harga yang sama umumnya memiliki masalah yang sama.

Sementara untuk kamera depan, Infinix Hot 10 menawarkan kamera depan 8 MP. Kamera ini dapat menghasilkan foto selfie yang biasa tetapi masih bisa diterima jika untuk dikirim di media sosial.

Secara umum, kamera di ponsel ini tergolong biasa saja. Memang tidak masuk kategori jelek karena masih bisa diterima tetapi masuk kategori bagus pun rasanya masih kalah dari ponsel lain di kelas harga yang sama.

2. Desain yang Tidak Menarik

desain infinix hot 10

Infinix Hot 10 menawarkan konsep desain yang sebenarnya menarik. Model warna yang ditawarkan tergolong oke. Sayangnya eksekusi desain ponsel ini kurang sempurna. Hal tersebut dapat dilihat dari bentuk desainnya yang cenderung murahan.

Desain ponsel ini kabarnya dibuat dibuat dengan ukiran laser untuk menciptakan persepsi visual dari cahaya dan bayangan yang saling bertautan. Tetapi hasilnya terasa kurang maksimal dan terlihat biasa saja.

3. Face Unlock yang Tidak Secepat Fingerprint

Infinix Hot 10

Infinix Hot 10 memiliki sensor sidik jari (fingerprint) dan sensor pengenalan wajah (Face Unlock). Sensor sidik jarinnya memiliki respon yang tergolong baik.

Hal yang disayangkan, sensor pengenalan wajah dari ponsel ini tergolong lebih lama. Hal tersebut diungkapkan oleh Aa Gogon di kanal Youtube miliknya. Tentu akan menarik jika kemampuan pengenalan wajah Infinix Hot 10 tergolong cepat.

4. Masih Micro-USB dan Pengisian Baterai yang Lama

Infinix Hot 10

Infinxi Hot 10 sayangnya masih memakai port microUSB. Padahal di kelas harga di bawah Rp2 juta, sudah banyak ponsel yang menawarkan port USB Type-C. Selain itu, Infinix Hot 10 masih memiliki masalah yang sama, yakni pengisian yang lambat.

Situs Techweez mengatakan kalau Infinix Hot 10 perlu waktu lama saat pengisian daya sampai penuh. Kisaran waktu pengisian dari kosong sampai penuh membutuhkan waktu berkisar 2 jam 30 menit. Memang lama untuk sebuah ponsel zaman sekarang tetapi setidaknya tidak sampai 3 jam.

Simpulan

Infinix Hot 10 bisa dibilang ponsel yang menarik dilirik untuk kelas harga di bawah Rp2 juta. Memang di kelas harga ini ada banyak ponsel lain yang siap bersaing. Tetapi Infinix Hot 10 punya nilai lebih seperti daya tahan baterai, fitur mode dokumen, dan RAM dan storage yang lebih besar dibandingkan pesaing dengan harga yang sama.

Infinix Hot 10 ini cocok untuk Anda yang butuh ponsel terjangkau dengan RAM dan storage besar. Terlebih tipe ponsel seperti ini akan cocok digunakan sampai 2 atau 3 tahun jika awet dalam pemakaiannya. Infinix Hot 10 juga jadi ponsel yang menarik untuk pembelajaran online.