4 Manfaat Melakukan Investasi di Platform Crowdfunding

Crowdfunding atau urun dana adalah penggunaan sejumlah kecil modal dari sejumlah besar individu untuk membiayai usaha bisnis baru.Umumnya, penggalangan dana ini dilakukan melalui internet.

Dikutip dari Investopedia, crowdfunding memanfaatkan aksesbilitas yang mudah dari jaringan luas melalui media sosial dan situs web crowdfunding untuk menyatukan investor dengan pengusaha. Selain itu, aksesbilitas ini memiliki potensi untuk meningkatkan kewirausahaan dengan memperluas kumpulan investor yang darinya dana dapat dikumpulkan di luar lingkaran tradisional pemilik, kerabat, dan pemodal ventura.

Tak semua investor diizinkan untuk mendanai bisnis baru. Di Amerika Serikat, crowdfunding dibatasi oleh peraturan tersebut dan besaran kontribusi mereka pun dibatasi.

Mirip dengan pembatasan pada investasi dana lindung nilai, peraturan ini seharusnya melindungi investor baru atau yang tak memiliki cukup banyak dana untuk memberikan dana guna menghindari risiko. Karena, begitu banyak bisnis baru yang gagal, dan investor juga menghadapi risiko tinggi kehilangan prinsipal mereka.

Penggalangan dana ini telah menciptakan peluang bagi para pengusaha untuk mengumpulkan ratusan ribu atau bahkan jutaan dolar dari siapa saja yang memiliki uang untuk berinvestasi.

Crowdfunding umkm juga menyediakan forum bagi siapa saja yang memiliki ide dan langsung disaksikan oleh investor yang menanti untuk mendanainya.

 

Manfaat Crowdfunding

 

Banyak sekali manfaat crowdfunding yang bisa dirasakan baik di pihak penggalang dana maupun pihak donatur atau investor. Secara garis besar berikut ini adalah beberapa keuntungan crowdfunding :

 

1. Proses Serba Online

Crowdfunding tidak bisa dipisahkan dengan kemajuan teknologi informasi terutama jaringan internet. Karena proses crowdfunding baik itu penggalangan dana dan proses investasi mulai 100 ribu dilakukan secara online.

Tentu saja hal ini sangat menguntungkan para pengguna layanan crowdfunding. Karena proses crowdfunding bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja selama ada jaringan internet. Proses

 

2. Keamanan Terjamin

Layanan crowdfunding lebih terjamin keamanannya daripada layanan investasi offline yang belum pasti keberadaannya. Perusahaan yang menjalankan layanan crowdfuding untuk masyarakat umum diwajibkan untuk mendaftarkan platform crowdfunding online nya sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik kepada kementerian informasi dan komunikasi.

Selain itu, layanan crowdfunding yang dijalankan oleh perusahaan juga diwajibkan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Proses terdaftar di OJK pun sangat selektif sekali, sehingga jika ada perusahaan layanan crowdfunding Indonesia dengan status terdaftar dan diawasi oleh OJK dapat terjamin keamanannya dan bisa anda ikuti.

 

3. Keuntungan Maksimal

Bagi anda para investor atau donatur yang melibatkan modal pada proses crowdfunding. Akan mendapatkan keuntungan maksimal dari aktivitas crowdfunding yang anda ikuti sesuai dengan jenis crowdfundingnya.

Sebagai contoh jika anda mengikut sertakan modal anda pada jenis equity crowdfunding anda biasanya akan mendapatkan keuntungan dengan menggunakan skema imbal hasil. Return of Investment (ROI) yang ditawarkan juga sangat menggiurkan untuk diikuti.

 

4. Tanpa Jaminan

Bagi pemilik usaha atau pebisnis, equity crowdfunding merupakan alternatif pembiayaan yang bisa dipilih tanpa harus menyediakan jaminan. Yang paling penting adalah usaha atau bisnis harus sudah terverifikasi oleh sistem layanan crowdfunding Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *