8 Rekomendasi Aplikasi Pengubah Teks Menjadi Suara untuk PC

8 Rekomendasi Aplikasi Pengubah Teks Menjadi Suara untuk PC

Diposting pada

Ada banyak alasan sebagai pertimbangan untuk mengubah teks menjadi suara. Mengkonversi teks ke dalam bentuk audio dapat membantu mengatasi kesulitan dalam belajar dan dapat mengembangkan kemampuan berbicara. Bagi para pelajar tunanetra dan orang dengan keterbatasan penglihatan, keberadaan aplikasi ini akan sangat membantu proses belajar dan menerima informasi dari bentuk teks.

Keberadaan aplikasi pengubah suara dan narasi ini sangat membantu dalam proses pembelajaran e-learning. Hal ini disebabkan suara manusia bisa meningkatkan hubungan emosional antara peserta didik dan program pembelajaran berbasis internet. Berikut ini adalah daftar aplikasi pengubah teks menjadi suara untuk PC yang bisa kamu gunakan dalam proses pembelajaran dan dalam kehidupan sehari-hari.

1. IVONA

Aplikasi pengubah suara menjadi teks yang pertama dikembangkan oleh perusahaan pengembang software yang berasal dari Amerika, IVONA. Aplikasi ini merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Fakta tersebut didukung dengan banyaknya penghargaan bergengsi yang diterima oleh perusahaan ini.

Misalnya saja pada tahun 2006, 2007 dan 2009 silam, IVONA memenangkan hadiah utama pada ajang Blizzard Challenge. Selain itu, kelebihan lain dari perangkat ini adalah suara yang dihasilkan dari aplikasi ini merupakan yang paling mirip dengan suara alami manusia.

IVONA memastikan kinerja yang maksimal untuk setiap perangkat, misalnya untuk suara-suara yang digunakan pada setiap platform kamu. Aplikasi ini mendukung secara teknis selama proses penerapan teks menjadi suara serta menawarkan ruang penyimpanan cloud untuk merekam file.

IVO software selaku pengembang mengembangkan versi yang lebih khusus dari IVONA TTS yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Aplikasi ini dapat pula menunjang kebutuhan teman-teman tunanetra dan membantu proses rehabilitasi tunanetra sebagian.

Aplikasi canggih ini dijual dengan harga terjangkau. Hal ini membuka peluang kepada setiap orang untuk dapat menggunakan teknologi canggih ini untuk menunjang segala aktivitas harian. Kamu dapat mengunduh aplikasi ini di sini.

2. Natural Reader

Aplikasi pengubah teks selanjutnya berasal dari Kanada. Aplikasi yang dilengkapi teknologi canggih ini diciptakan oleh Natural Soft Ltd, sebuah perusahaan yang mempunyai misi memberikan solusi narasi atau ucapan yang terbaik untuk perangkat lunak, website dan aplikasi ponsel.

Aplikasi ini memiliki beberapa versi termasuk versi gratis yang dapat merubah dokumen dari Microsoft Word, email dan file berbentuk PDF. Sementara itu, aplikasi versi berbayar mempunyai fitur yang lebih lengkap yang dapat digunakan pada pelatihan online dan pembelajaran e-learning.

Menggunakan aplikasi ini merupakan cara yang efektif untuk mengkonversi teks menjadi suara dalam berbagai bahasa. Versi gratis dari aplikasi ini dapat digunakan sesekali. Namun, jika kamu ingin menggunakannya untuk kebutuhan komersil, gunakan aplikasi berbayar yang berlisensi.

Cara kerja aplikasi Natural Reader sangat rapi. Alat ini mampu mensintesis suara manusia dari input teks yang telah dimasukan sebelumnya. Selain itu, fitur lain yang ditawarkan oleh aplikasi ni sangat beragam. Fitur-fitur ini dapat menunjang kebutuhan pembelajaran, kegiatan online pribadi, dan untuk kebutuhan komersil. Download Natural Reader di sini.

3. Zabaware

Aplikasi pengubah teks menjadi suara dari Zabaware ini menyajikan suara generik yang apik. Untuk versi berbayar ada fitur CereProc berkualitas tinggi dan AT&T Natural Voices. Teks yang diinput pada aplikasi ini dapat keluar dalam bentuk file audio wav. File ini dapat kamu transfer ke perangkat portabel lain.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Zabaware ini dapat mendiskusikan topik apa saja dan dapat mempelajari materi apa pun dari percakapanmu. Aplikasi ini mengembangkan sistem yang akan memberikan manfaat dari teknologi kecerdasan buatan yang canggih, pengenalan suara dan animasi waktu nyata.

Software ini dapat memahami teks dan percakapan dalam bahasa Inggris. Teknologi pada software yang dinamai Ultra Hal ini ibarat seorang anak kecil yang punya rasa ingin tahu tinggi dan selalu tertarik mempelajari sesuatu yang baru dari percakapan berdasarkan teknologi pemrosesan bahasa alami.

Fitur-fitur yang ditawarkan oleh Zabaware terdiri dari kemampuan memahami bahasa Inggris tulisan maupun lisan, mempelajari setiap kalimat, animasi avatar 3D yang berbentuk emoticon, output suara yang jelas dan jernih, dapat membantu pencarian di internet dan masih banyak lagi.

Zabaware menciptakan versi gratis selama beberapa waktu dan ada pula versi berbayar yang fiturnya lebih lengkap. Kedua versi aplikasi ini sama-sama dapat memperlancar pekerjaanmu. Download Zabaware di sini.

4. iSpeech

API iSpeech memungkinkan kamu untuk membuat audio berkualitas tinggi dalam berbagai format, misalnya format mp3, wma, flac, dan mp4. iSpeech menyajikan berbagai layanan online termasuk penerjemah yang dapat menerjemahkan 7 bahasa.

Aplikasi pengubah suara ini membuat konversi teks menjadi suara lebih mudah. Kamu hanya perlu terhubung dengan aplikasi API dengan memasukan file teks yang ingin kamu konversi. Setelah itu hasilnya akan keluar. Kualitas suara yang keluar dari aplikasi ini pun sangat jernih.

Dengan menggunakan iSpeech kamu tidak memerlukan perangkat keras yang hanya menambah beban CPU hanya untuk mengkonversi teks menjadi suara. Download iSpeech di sini.

5. Audiobookmaker

Salah satu aplikasi pengubah suara yang praktis adalah Audiobookmaker. Proses pemrosesan teks menjadi suara dilakukan dengan cepat. Ada pula fitur parameter narasi yang dapat menyesuaikan kecepatan, pitch, warna dan volume suaranya.

Audiobookmaker mempunyai tampilan multibahasa dan mampu mengingat bahasa dalam dokumen pengaturan dokumennya. Mengkonversi buku ke dalam bentuk teks tidak hanya dapat dilakukan ketika melakukan pekerjaan itu, bahkan saat melakukan hal lain pun sebuah teks dapat kamu konversikan.

Misalnya saja ketika kamu sedang berada dalam situasi sedang jogging, sedang tidur siang atau situasi apapun, kamu masih tetapi bisa menikmati bacaan dalam bentuk audio.

Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur hand-free approach yang memungkinkan sebuah proses berlangsung tanpa bimbingan tangan manusia. Kecanggihan yang terdapat pada aplikasi ini memungkinkan kamu untuk membuat file audio dari teks atau teks sebuah program. Download Audiobookmaker di sini.

6. Read The Words

Read The Words merupakan sebuah aplikasi pengubah teks menjadi suara yang bekerja secara online. Aplikasi ini menyediakan versi gratis termasuk beberapa karakter suara dalam tiga bahasa. Selain itu, aplikasi ini dilengkapi dengan file audio dengan durasi hingga 30 detik.

Perusahan menciptakan aplikasi ini agar pengguna dapat memperoleh informasi dengan metode lain yang lebih praktis. Read The Words memulai konsep sederhananya dari bulan Januari 2008.

Mereka membuat sebuah aplikasi yang dapat membantu pelajar dengan kemampuan terbatas agar bisa tetap mengakses materi pelajaran mereka di sekolah melalui pemrosesan pembelajaran auditori.

Akhirnya perusahaan ini mencari para programmer, teknologi dan membentuk departemen penelitian untuk menciptakan sebuah aplikasi yang nantinya menjadi cikal bakal aplikasi Read The Words yang memiliki fitur canggih dan lengkap seperti sekarang ini. Download Read The Words di sini.

7. Acapella Group Virtual Speaker

Aplikasi pengubah teks menjadi suara yang terakhir ini merupakan aplikasi multi bahasa yang terintegrasi mudah. Ada beberapa pilihan frekuensi sampling dan kualitas suara pada fitur aplikasi ini. semua fitur tersebut lengkap disediakan bagi kamu untuk mempermudah pemrosesan data dan dokumen.

Aplikasi ini dapat memproses dokumen dengan output file suara berkualitas tinggi. Ada lebih dari 30 macam bahasa di dalamnya. Virtual speaker pengubah teks menjadi suara ini mempunyai interface yang ramah dan pengoperasian yang mudah.

Beberapa bahasa dilengkapi dengan variasi emosi seperti sedih atau bahagia dan nada berteriak atau berbisik. Output suara yang keluar dapat kamu atur misalnya saja nada suara, interval berbicara, volume, dan panjang dan jeda tanda baca.

Kamu bisa memilih format audio sesuai keinginanmu. Format file yang tersedia di aplikasi ini terdiri dari PCM, MP3, vox dengan rentang frekuensi 8 khz, 11 khz, 16 khz, 22 khz, dan 44 khz. Download Acapella Group Virtual Speaker di sini.

8. Balabolka

Balabolka merupakan sebuah program pengubah teks menjadi suara yang bisa kamu install pada semua komputer. Layar teks yang muncul dapat kamu simpan sebagai file audio. Aplikasi ini pun dapat membaca konten clipboard seperti dokumen, teks yang telah diekstraksi dari dokumen, merubah font dan warna teks beserta latarnya dan mengontrol pembacaan dari sistem global hotkey.

Balabolka menggunakan berbagai macam versi Microsoft Speech API (SAPI). Program ini memungkinkan kamu dapat mengatur parameter suara termasuk rentang dan pitch-nya. Pengguna dapat memakan daftar suara tambahan untuk menaikan kualitas artikulasi suara.

Aplikasi ini mendukung beragam format file audio, seperti HTML, AZW, AZW3, DOC, PDF, PPT, XLSX, ODP, TCR, dan masih banyak lagi. Download Balabolka di sini.

Itu dia informasi mengenai macam-macam aplikasi pengubah teks menjadi suara. Umumnya pengoperasian aplikasi PC ini sangat mudah dan praktis. Kamu dapat menerima informasi dengan cara mendengarkan file output konversi teks yang kamu perlukan sambil melakukan aktivitas lainnya.