Cara Menghapus Data History Lokasi Anda dari Google

Diposting pada

Jakarta, vwrides.com – Google mencatat semua data Anda, mulai dari setiap pencarian yang Anda lakukan dan setiap video YouTube yang Anda tonton, sampai lokasi yang pernah Anda kunjungi.

Ya, Google Maps mencatat ke mana pun Anda pergi, rute yang Anda gunakan untuk sampai di sana dan berapa lama Anda berkunjung, bahkan jika Anda tidak pernah membuka aplikasi.

Ketepatan catatan Google tentang keberadaan Anda bisa sangat mengerikan.

Untungnya, semua catatan itu bisa Anda hapus dari Google.

Secara otomatis, mulai Juni 2020, Google akan menghapus data pengguna setelah 18 bulan atau 1,5 tahun.

Jika itu terlalu lama, Anda bisa mengubahnya. Berikut cara mengakses, mengelola, dan menghapus data lokasi Google Anda:

  1. Masuk ke Akun Google Anda dan pilih Data & Personalisasi dari bilah navigasi.
  2. Untuk melihat daftar semua data lokasi Anda yang telah dicatat oleh Google, gulir ke Kontrol aktivitas, lalu pilih Riwayat Lokasi.
  3. Jika Anda ingin Google berhenti melacak lokasi Anda, matikan sakelar di halaman ini.
  4. Untuk mengatur Google agar secara otomatis menghapus data jenis ini, tidak pernah atau setiap tiga atau 18 bulan, pilih Hapus otomatis lalu pilih jangka waktu yang Anda rasa paling nyaman. Google akan menghapus data saat ini yang lebih lama dari kerangka waktu yang Anda tentukan. Misalnya, jika Anda memilih tiga bulan, informasi yang lebih dari tiga bulan akan segera dihapus.
  5. Setelah Anda memilih pengaturan Hapus Otomatis, popup akan muncul dan meminta Anda untuk mengonfirmasi. Pilih Hapus atau Konfirmasi.
  6. Selanjutnya, klik Kelola Aktivitas. Halaman ini menampilkan semua informasi lokasi yang Google kumpulkan pada Anda sebagai timeline dan peta, termasuk tempat-tempat yang pernah Anda kunjungi, rute yang Anda ambil di sana dan kembali, serta frekuensi dan tanggal kunjungan.
  7. Untuk menghapus semua riwayat lokasi secara permanen, klik ikon tempat sampah di sudut kanan bawah dan pilih Hapus Riwayat Lokasi saat diminta. Untuk menghapus setiap perjalanan, pilih satu titik di peta atau bilah di timeline, lalu, di halaman berikutnya, klik ikon tempat sampah di sebelah tanggal perjalanan yang ingin Anda hapus.
  8. Untuk memastikan data lokasi Anda benar-benar hilang, mulailah dengan Kontrol Aktivitas di langkah 2, lalu setelah Kelola Aktivitas di langkah 4, pastikan timeline di sudut kiri atas kosong dan tidak ada titik pada peta yang menunjukkan sebelumnya lokasi Anda.