Emery Sebut Sepak Bola Bisa Kehilangan Esensi karena Super League

Emery Sebut Sepak Bola Bisa Kehilangan Esensi karena Super League

Diposting pada

Berita Liga Spanyol: Pelatih kepala Villarreal, Unai Emery, mengutuk pembentukan European Super League dan mengatakan wajah sepak bola bisa rusak karenanya.

Dua belas klub elite telah mengumumkan posisi mereka sebagai anggota pendiri European Super League, yang dibuat untuk menyaingi Liga Champions yang dinilai tidak transparan, pada Ahad lalu.

Enam klub Inggris dan masing-masing tiga dari Spanyol dan Italia akan selalu berpartisipasi di liga elite tersebut setiap musimnya. Gagasan ini telah menghadirkan kecaman dari seluruh pihak, dan yang terbaru adalah Emery.

Bos Villarreal itu mengatakan klub-klub penggagas sudah muak dengan apa yang dilakukan UEFA selama ini, tetapi dia percaya sepak bola akan terpecah jika European Super League benar-benar direalisasikan.

“Ini adalah perang untuk menguasai sepak bola,” kata Emery dalam konferensi pers, mengutip dari Goal. “Klub-klub memberontak terhadap kendali UEFA.

“Posisi saya, pada prinsipnya, adalah bahwa saya menentangnya. Ini sangat berisiko bagi sepak bola dan esensinya.”

Presiden UEFA Aleksander Ceferin mengatakan bahwa semua klub yang bergabung ke liga elite tersebut akan menghadapi sanksi berupa larangan tampil di liga domestik masing-masing, sementara para pemain tidak boleh memperkuat negaranya.

ESL sendiri diharapkan akan mengumumkan tiga klub pendiri lagi dalam beberapa minggu mendatang, dan untuk menggenapi peserta menjadi 20, lima klub akan diundang setiap musimnya berdasarkan parameter kualifikasi tertentu.

Artikel Tag: European Super League, Unai Emery, Villarreal