Fed Cup Finals Perdana Terpaksa Ditunda Sampai Musim 2021

Diposting pada

Berita Tenis: International Tennis Federation (ITF) mengumumkan bahwa Fed Cup Finals perdana dengan format yang telah dirombak terpaksa harus ditunda sampai musim 2021.

12 negara telah ditentukan untuk mengikuti Fed Cup Finals perdana di Budapest pada April lalu, tetapi terpaksa harus ditunda setelah pandemi COVID-19 membuat semua turnamen tenis ditangguhkan atau bahkan dibatalkan.

Ajang tenis beregu putri tersebut selanjutnya akan digelar pada 13 – 18 April 2021 di clay-court dalam ruangan, tepatnya di Laszlo Papp Arena yang berada di ibukota Hungaria.

Sementara itu, turnamen WTA direncanakan akan dimulai kembali pada 3 Agustus mendatang di Palermo, Italia, tetapi pihak ITF menyampaikan bahwa tantangan yang disebabkan pandemi COVID-19 memaksa mereka untuk menunda Fed Cup Finals selama satu musim.

“Selain Laszlo Papp Arena tidak bisa digunakan selama bagian akhir musim ini, masih ada tantangan logistik dan peraturan yang signifikan tentang menggelar turnamen di dalam ruangan dengan mengumpulkan banyak massa, sambil tetap menjamin kesehatan dan keselamatan semua pihak yang terlibat,” ungkap pihak ITF.

12 negara yang akan berkompetisi di Fed Cup Finals musim depan merupakan 12 negara sama yang seharusnya berkompetisi musim ini. Sementara pertandingan playoff yang seharusnya digelar pada April, akan digelar pada Februari musim 2021.

Presiden ITF, David Haggerty menyatakan bahwa meski keputusan tersebut sungguh disayangkan, tetapi ia yakin Budapest akan menggelar Fed Cup Finals yang memukau pada musim 2021.

Sementara 10 dari 12 negara yang akan bersaing merupakan negara-negara Eropa – AS dan Australia menjadi dua negara lainnya – logistik untuk ajang sebesar itu terbukti akan sangat menantang, terutama dengan negara yang levelnya berbeda dalam penanganan pandemi COVID-19.

Artikel Tag: Tenis, Fed Cup Finals