Vivo V15 Pro, Smartphone Kelas Menengah Dengan Kamera Yang Wah

Hp Vivo Ngehang, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Diposting pada

vwrides.com – Apakah Anda saat ini mengalami kondisi dimana Hp Vivo yang Anda gunakan ngehang, sehingga Hp tersebut tidak bisa di apa-apakan meski dalam kondisi aktif? Jika jawabannya IYA, maka sebaiknya Anda simak artikel ini hingga akhir.

Buat yang yang belum paham, ngehang atau Hang adalah adalah sebuah kondisi di mana perangkat smartphone bisa hidup tapi tak bisa diapa-apakan alias tak merespon berbagai sentuhan yang dilakukan pada area layarnya.

Sehingga, meski layar hp bisa nyala namun tidak bisa digunakan untuk membuka aplikasi karena semua icon atau tombol tidak berfungsi.

Terkhusus untuk pengguna Hp Vivo yang mengalami Hang, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan agar smartphone bisa normal kembali.

Penyebab Hp Vivo Ngehang

Kondisi smartphone besutan Vivo tersebut yang tidak bisa di operasikan sama sekali meski dalam kondisi aktif seperti ini, bisa disebabkan oleh beberapa hal. Yakni:

  1. Ada banyak aplikasi yang berjalan dibackground atau dibuka dalam waktu yang bersamaaan sehingga membuat sisa RAM habis.
  2. Kapasitas RAM sudah sesak
  3. Kemungkinan ada  bug pada sistem operasi yang digunakan
  4. Kesalahan dalam proses instalasi sebuah aplikasi
  5. Kemungkinan terdapat virus atau malware pada smartphone

Jika salah satu penyebab tersebut menimpa smartphone Vivo yang Anda gunakan maka bisa jadi smartphone tersebut akan mengalami stuck, dan tidak bisa diapa-apain.

Cara Mengatasinya

Sebenarnya, untuk cara mengatasinya sangat mudah. Di beberapa ponsel keluaran lama, untuk mengatasi masalah ponsel yang ngehang seperti ini cukup dengam melepas atau mencopot baterainya saja, kemudian dipasang kembali maka masalah akan beres.

Tapi masalahnya, untuk ponsel keluaran terbaru termasuk smartphone besutan Vivo, apabila Hp Vivo ngehang maka cara tersebut tidak bisa digunakan.

Karena, smartphone masa kini dibekali dengan baterai tanam, sehingga tidak mungkin untuk mencopotnya. Lalu, bagaimana solusinya?

Untuk mengatasi permasalahan tersebut kita bisa melakukan reboot atau dilakukan restart secara paksa. Dengan cara ini maka smartphone akan dipaksa untuk nonaktif, lalu kemudian aktif kembali dengan sendirinya.

Begini cara melakukanya:

  1. Pertama, silahkan tekan dan tahan selama kurang lebih 30 detik pada bagian tombol tombol power dan tombol volume turun secara bersamaan.
  2. Nantinya, secara otomatis sistem akan nonaktif. Lalu beberapa saat kemudian perangkat akan hidup kambali
  3. Jika cara diatas tidak bisa, maka kemungkinan tipe smartphone Vivo  harus direbbot dengan cara ini, yaitu dengan menekan dan tahan tombol daya selama 30 detik.
  4. Nantinya, secara otomatis smartphone restart dan perangkat akan kembali normal.

Setelah smartphone Vivo yang ngehang tersebut sudah normal kembali, maka untuk memastikan hal tersebut tidak terjadi lagi sebaiknya lakukan langkah-langkah berikut ini:

1. Segera hapus aplikasi yang eror atau yang menjadi penyebab terjadinya hang.

2. Lakukan update aplikasi jika tersedia pembaharuan terbaru.

3. Bersihkan memori atau clear cache.

4. Jika Hp Vivo terasa lemot, maka sebaiknya lakukan reset agar kinerja kembali normal.

Demikian, informasi mengenai penyebab Hp Vivo ngehang dan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Semoga bermanfaat.