Ini Alasan Pep Guardiola Tak Datangkan Striker Baru di Musim Panas Lalu

Diposting pada

Berita Sepakbola: Mantan bek Manchester City, Micah Richards, memberikan komentar terkait keputusan Pep Guardiola yang tak mendatangkan striker baru di musim panas lalu. Richards mengklaim Guardiola bukannya tak mau mendatangkan bomber anyar, namun kondisi yang membuat sang manajer tak bisa melakukan hal itu.

Manchester City menghadapi masalah baru di musim ini. Usai berhasil membenahi lini pertahanan mereka yang berantakan di musim lalu, kini lini depan The Cityzens menjadi masalah bagi mereka. Ketajaman City mengalami penurunan seiring ketersediaan stok penyerang yang sangat tipis. Sergio Aguero yang menjadi andalan mereka dalam mencetak gol sudah diganggu cedera lutut sejak akhir musim lalu, sementara Gabriel Jesus juga belum menunjukkan ketajamannya. Bahkan untuk mengisi kekosongan saat kedua bomber absen, Guardiola beberapa kali memasang Ferran Torres sebagai ujung tombak meski posisi aslinya adalah seorang winger.

Pep Guardiola sendiri di musim panas tahun lalu sebenarnya dikabarkan memiliki rencana untuk mendatangkan striker baru. Sejumlah nama pemain top bahkan sempat dihubungkan, salah satunya adalah bintang muda Borussia Dortmund, Erling Braut Haalanda. Namun hingga jendela transfer ditutup, mereka tak berhasil mendatangkannya.

Kegagalan Man City mendatangkan striker anyar nyatanya tak membuat Micah Richards lantas menyalahkan Pep Guardiola. Richards mengklaim Guardiola sebenarnya memiliki keinginan untuk menambah ketajaman lini depan mereka pada musim panas lalu, hanya saja sang manajer tak bisa mengeluarkan dana yang sangat besar karena terganjal aturan Financial Fair Play [FFP].

“Saya pikir ini tentang pemain mana saja yang tersedia pada saat itu,” ujar Richards kepada Radio 5 Live.

“[Erling] Haaland sebelum gabung ke Dortmund akan menjadi rekrutan yang sangat bagus. Namun setelahnya kami tidak tahu tentang kondisi keuangan serta aturan Financial Fair Play yang membatasi klub dalam urusan transfer.”

“Sangat mudah bagi kami yang hanya duduk di sini mengatakan mereka harus membeli pemain ini dan pemain itu, namun mereka sedang menghadapi masalah usai banyak orang telah menuduh mereka melakukan pelanggaran [FFP]. Jika Anda tetap nekat membeli seorang striker seharga 100 juta pound maka itu hanya akan membuat semua orang semakin bertanya-tanya.”

“Saya rasa dia [Guardiola] tak melakukan kesalahan [dengan tak mendatangkan striker]. Saya pikir saat bursa transfer dibuka mereka tak menemukan opsi yang sesuai dengan apa yang mereka inginkan,” pungkasnya.

Artikel Tag: Pep Guardiola, Manchester City