Cara Screenshot Samsung
Cara Screenshot Samsung

Ini Dia Cara Screenshot Samsung Yang Sangat Mudah

Diposting pada

Ini Dia Cara Screenshot Samsung yang Sangat Mudah – Samsung merupakan salah satu brand ternama untuk jenis produk ponsel khususnya di Indonesia. Merk ini cukup terkenal memiliki kualitas yang cukup baik dan bisa bertahan digunakan dalam waktu yang cukup lama. Banyak orang yang menjadikan merk ini sebagai produk unggulan yang sering digunakan.

Pada produk ini terdapat salah satu fitur yang cukup dibutuhkan pada waktu tertentu untuk menangkap gambar pada layar Anda. Fitur ini bernama screenshot. Fitur ini biasanya juga bisa digunakan pada setiap merk smartphone. Tujuannya tentu sama yaitu untuk mengabadikan sebuah gambar atau tampilan yang muncul pada layar.

Biasanya tampilan dan gambar pada layar tersebut sulit untuk disimpan atau diabadikan.  Apapun jenis data pada tampilan layar ponsel akan bisa Anda abadikan sehingga jika diperlukan Anda bisa sudah mendapatkannya. Cara screenshot Samsung juga cukup mudah untuk dilakukan.

Setiap pengguna pasti akan bisa menggunakan fitur ini dengan mudah. Sebab, pada umumnya cara untuk menggunakannya relatif sama. Namun, jika Anda belum mengetahui cara menggunakan fitur ini pada merk Samsung Anda bisa melakukan beberapa cara berikut ini.

Menyapu Layar

Cara yang pertama, Anda bisa menyapu layar ponsel Anda. Langkah ini termasuk langkah yang termudah karena hanya menggunakan cara yang cukup sederhana. Sayangnya tidak semua merk Samsung bisa menggunakan langkah ini untuk bisa melakukan screenshot. Hanya seri Galaxy 4 keatas dan Note 3 ke atas yang bisa menggunakan langkah ini.

Cara screenshot Samsung dengan menyapu layar bisa dimulai dengan membuka menu pengaturan atau settings dan pilih fitur “motions and gestures“. Ceklis pilihan menu “palm swipe to capture box“. Setelah itu, cobalah melakukan screenshot dengan menyapukan jari Anda secara horizontal.

Tunggu beberapa saat hingga terdengar bunyi seperti sedang mengambil gambar. Jika sudah terdengar suara “cekrek” maka proses ini sudah selesai dan gambar yang di screenshot sudah otomatis tersimpan. Cara screenshot Samsung ini bisa Anda coba terlebih dahulu agar posisi tangan Anda tepat sasaran.

Shortcut Tombol

Pilihan yang kedua ini biasanya lebih sering digunakan oleh setiap pengguna ponsel Samsung ini. Bahkan beberapa merk ponsel lainnya juga bisa menggunakan cara ini untuk menangkap gambar atau layar. Maksud dari shortcut tombol ialah Anda menggunakan fitur ini dengan menekan tombol fisik yang ada pada ponsel.

Anda bisa menekan tombol power dan home (tombol tengah) secara bersamaan. Biarkan beberapa saat hingga terdengar bunyi “cekrek”. Jika sudah maka gambar akan tersimpam dengan menggunakam cara screenshot Samsung ini. Cara ini cukup mudah untuk dilakukan oleh setiap pengguna yang membutuhkannya.

Akan tetapi, jika tidak benar saat menekan tombol ini atau tidak secara bersamaan maka menu lain justru yang akan tampil. Misalnya, menu restart atau histori penggunaan ponsel yang sudah digunakan. Jadi, pastikan tombol ditekan dengan benar secara bersamaan.

Menggunakan S Pen (Khusus Samsung Note)

Cara screenshot Samsung berikutnya bisa Anda lakukan dengan menggunakan S Pen. Namun sayangnya cara ini hanya bisa Anda gunakan pada seri Note 3 keatas. Buka menu “air command” dengan menarik keluar stylus atau dengan mengarahkan S Pen di atas layar. Setelah itu, klik tombol kecil pada S Pen tersebut.

Gunakan fitur “scrapbooker” yang ada pada radial air command tadi. Anda cukup menggambar atau membuat lingkaran di atas layar pada tampilan yang ingin di screenshot. Berikutnya, Anda bisa menambahkan catatan atau mengkategorikan gambar. Sehingga, hasilnya bisa lebih lengkap berikut keterangan yang diperlukan.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan fitur “screen write” dimana Anda dapat menuliskan berbagai catatan yang dibutuhkan diatas gambar yang Anda screenshot. Ukuran tip pulpen serta warna tintanya bisa Anda rubah sendiri agar lebih sesuai. Anda juga bisa menekan tombol pada stylus S Pen beberapa detik dan sentuhkan pada layar yang diinginkan.

Itulah beberapa cara screenshot Samsung yang cukup mudah untuk dilakukan. Anda tak perlu merasa bingung jika ingin menyimpan tampilan yang ada pada layar ponsel Anda. Sebab, apapun itu kini bisa Anda capture dan simpan jika membutuhkannya. Lakukan cara tersebut dengan benar agar hasilnya sesuai keinginan.