Inilah 5 Cara Download Video di Dailymotion dengan Mudah

Diposting pada

Di rumah saja bisa membawa rasa bosan dan jenuh karena aktivitas jadi terbatas. Salah satu kegiatan yang bisa kalian lakukan untuk menghilangkan rasa bosan adalah menonton video. Tak hanya YouTube, ada situs video lain yang bisa jadi tempat untuk mencari video-video menarik untuk ditonton. Salah satunya adalah Dailymotion.

Nah, untuk yang ingin nonton video lewat Dailymotion atau ingin mengunduh videonya, sebaiknya cari tahu kelima cara berikut ini, ya. Namun sebelumnya, ketahui dulu sejarah perjalanan Dailymotion hingga sukses seperti sekarang.

Sejarah Dailymotion

Dailymotion didirikan pada 15 Maret 2005 dan memiliki kantor pusat di Paris, Prancis. Selain di Paris, Dailymotion juga memiliki kantor di New York, London, San Francisco, Singapura dan Abidjan. Dailymotion merupakan situs berbagi video online terbesar kedua setelah YouTube. Kini Dailymotion memiliki sekitar 300 juta pengguna dari seluruh dunia yang menonton 3,5 milyar video setiap bulannya.

Dipelopori oleh Benjamin Bejbaum dan Oliver Poitrey bersama empat rekan lain, mereka patungan dan mengumpulkan modal 9.271 dolar Amerika atau senilai 131 juta rupiah untuk membangun Dailymotion. Sejak tahun 2006 Dailymotion mulai mendapatkan investasi. Kemudian mulai 2011 sebagian saham Dailymotion telah diakuisisi oleh beberapa perusahaan besar seperti Yahoo dan Orange.

Dailymotion tersedia di 43 negara meliputi Argentina, Australia, Austria, Belgia, Brazil, Kanada, Kolombia, Kroasia, Denmark, Finlandia, Prancis, Jerman, Yunani, Hong Kong, Hungaria, Indonesia, Irlandia, Italia, Jepang, Lithuania, Malaysia, Meksiko, Belanda, Selandia Baru, Norwegia, Polandia, Portugal, Romania, Singapura, Slowakia, Slovenia, Afrika Selatan, Korea Selatan, Spanyol, Swedia, Swiss, Taiwan, Thailand, Inggris dan Amerika Serikat.

Namun, beberapa negara telah memblokir akses ke Dailymotion. Sejak Agustus 2011 Kazakhstan telah menutup akses ke Dailymotion. Pada 2014 Dailymotion kembali diblokir di India karena pemerintah khawatir situs-situs video dapat menjadi media untuk ISIS. Namun, pada akhir Desember 2014 India mencabut cekalnya. Lalu pada 2017 Rusia memblokir Dailymotion karena melanggar hak cipta Rusia.

Kalian tidak perlu membuat akun untuk bisa menikmati video yang ada dalam Dailymotion. Namun jika kalian ingin mengunggah video dalam Dailymotion kalian memerlukan akun yang bisa kalian buat secara gratis. Dengan akun tersebut kalian bisa menonton video, mengunggah video, memonetisasi video yang telah diunggah, melihat analitik video yang diunggah serta melakukan video secara langsung.

Dailymotion juga memiliki fitur Family Filter yang bisa digunakan untuk menyaring video supaya konten yang ditampilkan sesuai untuk usia di bawah 18 tahun. Fitur ini tentunya akan sangat membantu bagi para orang tua yang ingin mengawasi konten tayangan yang bisa ditonton oleh anak mereka.

Cara Download Video di Dailymotion

Dailymotion melindungi hak cipta para penggunanya sehingga video yang telah dibagikan tidak dapat diunduh secara langsung lewat situs Dailymotion. Namun kalian tetap bisa mengunduh dengan bantuan situs-situs tertentu. Tentunya hanya untuk konsumsi pribadi dan tidak diperjualbelikan.

Kali ini Carisinyal akan membagikan 5 cara yang bisa kalian lakukan untuk mengunduh video dari Dailymotion. Tahap pertama yang harus dilakukan untuk bisa mengunduh video dari Dailymotion adalah menyalin atau copy link video Dailymotion.

Pergi ke dailymotion.com lalu cari video yang ingin kalian download pada searching bar. Website Dailymotion sudah responsif sehingga hasil pencarian akan langsung muncul selagi kalian memasukkan judul video yang kalian cari. Setelah menemukan video yang kalian cari klik pada video tersebut.

Cara Download Video di Dailymotion

Setelah berada pada video yang kalian inginkan, copy link video tersebut. Sorot link yang ada pada searching bar lalu tekan Ctrl+C pada keyboard atau klik kanan lalu pilih Copy.

Cara Download Video di Dailymotion

1. Download lewat savevideo.me

  • Langkah pertama setelah kalian menyalin link video Dailymotion adalah pergi ke http://savevideo.me/.
  • Selanjutnya masukkan link video tersebut ke dalam searching bar dalam situs savevideo.me.
  • Lalu klik Download atau enter pada keyboard.

Download lewat savevideo

  • Sorot link Save Video Me lalu tarik atau drag ke bookmark bar yang berada di bawah searching bar browser kalian.

Download lewat savevideo

  • Setelah link tersebut berubah menjadi bookmark dalam bookmark bar, klik link embed video yang tersedia pada halaman web.

Download lewat savevideo

  • Link tersebut akan membawa kalian pada embed video yang akan kalian download. Untuk mengunduh video tersebut klik Save Video Me yang ada pada bookmark bar.

Download lewat savevideo

  • Setelah terbuka halaman savevideo.me yang berisi list video download, pilih resolusi video yang kalian ingin simpan dengan cara klik kanan mouse lalu pilih Save link as…

Download lewat savevideo

  • Kalian bisa mengubah nama file video yang ingin kalian simpan. Terakhir klik Save, maka video akan terunduh dalam perangkat kalian.

Download lewat savevideo

2. Download lewat dmvideo.download

  • Langkah pertama pergi ke situs dmvideo.download. Lalu paste link video Dailymotion yang ingin kalian unduh pada searching bar dalam halaman tersebut. Kemudian klik tombol Go.

Download lewat dmvideo

  • Selanjutnya klik kanan pada tombol Download lalu pilih Save link as… sesuai resolusi video yang ingin kalian simpan. Di Dmvideo kalian bisa melihat ukuran file masing-masing resolusi.

Download lewat dmvideo

  • Pastikan tipe file sama dengan format file yang tertera pada halaman download. Jika belum sesuai coba refresh atau memuat kembali halaman download. Klik Save untuk menyimpan video tersebut.

Download lewat dmvideo

3. Download lewat pastedownload.com

  • Pergi ke situs pastedownload.com lalu paste link video Dailymotion pada searching bar. Secara otomatis halaman akan memuat link download dari video tersebut.

Download lewat pastedownload

  • Klik kanan pada tombol Download lalu pilih Save link as… sesuai resolusi video yang ingin diunduh.

Download lewat pastedownload

  • Klik Save untuk mulai mengunduh video Dailymotion. Kalian bisa mengubah nama file sebelum menyimpan video untuk memudahkan kalian saat mencari hasil unduhan nanti.

Download lewat pastedownload

4. Download lewat ymp4.download

  • Pergi ke situs ymp4.download kemudian paste link video Dailymotion yang ingin diunduh pada searching bar lalu klik tombol Go.

Download lewat ymp4

  • Akan muncul halaman pilihan resolusi yang tersedia dari video yang kalian pilih. Klik kanan pada tombol Download lalu pilih Save link as… di resolusi yang ingin kalian simpan.

Download lewat ymp4

  • Untuk mulai mengunduh klik Save. Tinggal menunggu proses unduh selesai lalu video Dailymotion akan tersimpan dan siap ditonton di perangkat kalian.

Download lewat ymp4

5. Download lewat downsv.com

  • Pertama kunjungi situs downsv.com lalu paste link video Dailymotion yang sudah kalian salin sebelumnya. Kemudian klik tombol panah ke bawah yang ada di samping searching bar untuk menampilkan list download video tersebut.

Download lewat downsv

  • Halaman selanjutnya akan menampilkan list resolusi video yang tersedia, kalian bisa memilih sesuai resolusi yang kalian ingin simpan. Klik kanan pada tombol resolusi video lalu pilih Save link as…

Download lewat downsv

  • Untuk menyimpan video klik tombol Save, video Dailymotion favorit kalian akan terunduh ke dalam perangkat kalian.

Download lewat downsv

Itulah beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mengunduh video dari Dailymotion dengan mudah. Semoga bahasan di atas bisa membantumu mengunduh video Dailymotion favoritmu agar bisa dinikmati tanpa perlu terhubung ke jaringan internet.