Inilah 7 Alasan Pentingnya Melakukan Backup Data

Diposting pada

Menyimpan file/data secara digital memang menjadi salah satu media yang simple untuk membuat data/file tetap aman. Namun, apakah file/data kita benar-benar aman saat disimpan di dalam penyimpanan digital, seperti hardisk, flashdisk, SD Card, dll? Tentu saja tidak.

Pasalnya, data/file yang disimpan secara digital bisa saja hilang kapan pun. Penyebab hilangnya data/file juga beragam, bisa jadi adanya kerusakan pada file, hardisk, atau bisa juga terjangkit virus. Namun, semua hal tadi bisa kamu cegah dengan cara melakukan backup data.

Makanya, di sini Carisinyal akan membahas betapa pentingnya melakukan backup data sebelum hal buruk terjadi. Berikut 7 alasan kenapa kamu harus melakukan backup data.

1. Penyimpanan Rusak

Menyimpan data bisa dimana saja, umumnya disimpan di dalam hardisk untuk di PC/laptop. Tapi, ada juga yang menyimpan data dalam kartu memori, SD Card, flashdisk, atau mungkin dalam sebuah CD/DVD. Tapi, semua media penyimpanan data tersebut rentan mengalami kerusakan, sehingga ada kemungkinan file/data yang ada di dalamnya bisa hilang atau bahkan rusak.

Maka dari itu, melakukan backup data menjadi opsi terbaik. Sebelum terjadi kerusakan, sebaiknya kamu simpan data/file yang penting ke media penyimpanan lainnya. Jika memiliki penyimpanan eksternal yang terbatas, mungkin kamu bisa melakukan backup data di cloud storage. Kini sudah tersedia banyak cloud storage di pasaran, ada yang gratis dan berbayar.

2. Meningkatkan Produktivitas

meningkatkan produktivitas

Ketika data sudah hilang, otomatis kamu perlu waktu untuk membuat ulang data/file tersebut. Misalnya, kamu seorang mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Tiba-tiba, laptop yang dipakai untuk mengerjakan skripsi mengalami kerusakan di bagian hardisk.

Lalu, hardisk tersebut sudah tidak bisa diselamatkan, sehingga membuat file skripsi lenyap begitu saja. Dengan kejadian seperti itu, mau tidak mau mahasiswa tersebut harus membuat ulang skripsinya dan itu sangat membuang waktu.

Oleh karena itu, agar tidak buang waktu seperti tadi, sebaiknya selamatkan dulu data pentingnya (backup data) sehingga mahasiswa tersebut tidak perlu untuk mengerjakan skripsi dua kali. Ini juga bisa meningkatkan produktivitas kamu lho!

3. Virus yang Merusak Data

Virus yang Merusak

Ada banyak macam virus yang bisa merusak PC/laptop. Bahkan, ada beberapa virus komputer yang secara khusus menyerang file di hardisk atau penyimpanan lainnya. Tidak hanya itu saja, ada juga virus yang menyerang data kemudian data tersebut tidak bisa dikembalikan lagi.

Tentu saja hal ini sangat fatal bagi yang punya banyak data penting dalam PC/laptop-nya.  Sebelum hal tersebut terjadi, memang sebaiknya lakukan backup data. Dengan begitu, kamu tidak perlu panik lagi akan kehilangan data penting.

4. Mengalami Bencana

Mengalami Bencana

Selain karena virus dan kerusakan pada perangkat, alasan lainnya adalah bencana yang bisa menimpa siapa saja dan dimana saja. Kita tidak pernah mengharapkan bencana tapi kita juga tidak bisa memprediksi kapan bencana akan datang.

Maka dari itu, kita perlu mempersiapkan kemungkinan terburuk, misalnya laptop/PC terendam banjir, otomatis semua perangkat yang ada di dalamnya pun ikut rusak, kemungkinan untuk mengembalikan data yang ada di dalam laptop/PC pun sangat sulit. Jadi, mulai dari sekarang biasakan untuk melakukan backup data untuk file yang penting, tidak ada salahnya “sedia payung sebelum hujan” kan?

5. Pencurian

Pencurian

Tidak ada yang mau mengalami pencurian, namun hal itu bisa terjadi kepada siapa pun dan dimana pun. Jika pencurian terjadi dan kamu sudah melakukan backup data, setidaknya kamu masih bisa mengakses dan tidak kehilangan data-data pentingnya. Jadi, masih ragu untuk melakukan backup data?

6. Backup Data itu Mudah!

Backup Data itu Mudah

Untuk melakukan backup data, kamu bisa mengandalkan dua media penyimpanan, offline dan online. Untuk online, kamu bisa memanfaatkan beberapa aplikasi cloud storage. Kalau yang menggunakan OS Windows, cobalah gunakan aplikasi OneDrive.

Selain OneDrive, kamu juga bisa mengandalkan DropBox, Google Drive, SugarSync, dan cloud storage lainnya. Semua aplikasi tadi menyediakan penyimpanan versi gratis dengan kapasitas terbatas.

Tapi, kalau ingin kapasitas penyimpanan yang lebih besar, cobalah untuk berlangganan dengan membayar perbulannya. Oh iya, karena ini menyimpan data secara online maka membutuhkan internet untuk mengakses datanya, ya.

Tidak hanya menyimpan data secara online, kamu juga bisa backup data secara offline dengan menggunakan flashdisk, CD/DVD, atau pun hardisk eksternal. Namun, untuk penyimpanan data secara offline ini masih rentan mengalami kehilangan data, ya.

Jadi, tidak ada alasan lagi kesulitan dalam melakukan backup data karena backup data itu mudah dilakukan dan banyak pilihan “tempat” untuk menyimpan data cadangan yang penting, baik offline maupun online. Sesuaikan saja dengan kebutuhan kamu, ya!

7. Menimbulkan Rasa Aman

Menimbulkan Rasa Aman

Jika sudah punya data cadangan, tentu kamu tidak perlu merasa khawatir lagi soal kehilangan data. Kalau pun data hilang, setidaknya kamu sudah melakukan backup data sehingga rasa aman dan tenang pun muncul.

Tapi perlu dipahami juga bahwa backup data perlu dilakukan secara berkala tergantung dengan kebutuhannya. Jadi, kami sarankan untuk selalu backup data setiap kali kamu memiliki data/file penting terbaru, ya.

Itulah ketujuh alasan betapa pentingnya melakukan backup data. Sebenarnya data yang hilang masih bisa diperbaiki, tapi semuanya bergantung pada kerusakan datanya. Namun, ada ahlidata.com yang menyediakan jasa untuk pemulihan data dan restorasi data hard disk Anda dengan aman.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan ahlidata.com. Mereka bisa memulihkan data hilang, terhapus, tidak dapat diakses, menyelamatkan data yang ada di SSD/HDD, Flash Disk, Memory Card, SD Card, dan masih banyak lagi. Bagusnya lagi, ahlidata.com juga support untuk drive dengan sistem file NTFS, exFAT, atau FAT16/FAT32.

Jangan khawatir soal biayanya, karena ahlidata.com juga mematok harga yang pas sesuai dengan kapasitas storage yang mau dipulihkan. Harganya beragam mulai dari 1 juta hingga 10 juta rupiah. Semua kerusakannya dibagi menjadi tiga; ringan, sedang, dan berat.

Jadi, kalau kamu ingin mengembalikan data penting dan lupa untuk melakukan backup data, bisa gunakan jasa ahlidata.com, ya. Yuk, mulai amankan data pentingmu!