Inilah Daftar Urutan Seri Utama dari Game Assassin’s Creed

Diposting pada

Franchise Assassin’s Creed telah menjadi permainan populer yang sudah dimainkan oleh jutaan orang di seluruh dunia. Game ini menghadirkan permainan bergaya action, adventure dan stealth dengan konsep dunia terbuka (open world) yang bisa dieksplorasi. Hingga sampai sekarang, franchise ini telah menghasilkan lebih dari 20 unit judul yang tersedia di semua jenis platform video game.

Selain membawakan nuansa permainan penuh aksi pertarungan, game ini juga menampilkan beberapa konten sejarah, sains, dan budaya yang dikemas lewat alur cerita menarik dan seru untuk diikuti. Meski terbilang mempunyai judul yang banyak, Assassin’s Creed sebenarnya memiliki 11 game seri utama yang saling terhubung satu sama lain.

Nah, bagi yang ingin mengetahui judul dari kesebelas game tersebut, Carisinyal akan memberikan ulasan selengkapnya di bawah ini. Tanpa basa-basi, berikut adalah pembahasannya untuk kalian.

1. Assassin’s Creed (2007)

* sumber: www.mobygames.com

Jalan cerita di game pertama Assassin’s Creed ini berlangsung selama Perang Salib Ketiga di Jerusalem, dan berfokus pada konflik antara Secret Order of Assassins dari sekte Hashshashin dengan para Kesatria Templar. Pemain akan berperan sebagai Desmond Miles yang hidup di zaman modern. Ia merupakan keturunan dari leluhurnya yang merupakan seorang Assassin bernama Altaïr Ibn-La’Ahad.

Para ilmuwan kemudian menggunakan Projek Animus untuk mengeluarkan memori Altair dari dalam diri Desmond Miles. Para ilmuwan kemudian mempelajari tentang gerak gerik para Assassin, dan Miles mulai bisa beradaptasi dengan memori leluhurnya itu.

Dalam memori Desmond Miles, pemain kemudian akan berperang melawan Kesatria Templar untuk memperebutkan Piece of Eden. Benda tersebut merupakan sebuah artefak kuno yang bisa digunakan untuk mengendalikan pikiran manusia.

2. Assassin’s Creed II (2009)

Assassin's Creed II

* sumber: www.ubisoft.com

Desmond Miles kali ini menghidupkan kembali memori salah satu leluhurnya yang masih merupakan seorang Assassin bernama Ezio Auditore da Firenze. Latar cerita kemudian berada pada abad 16 saat era Renaissance. Para pemain selanjutnya bisa menjelajahi keindahan kota-kota yang ada di Italia sembari menyelesaikan misi balas dendam kepada mereka yang telah mengkhianati keluarga Ezio.

Selain itu, pemain nantinya akan berusaha untuk memecahkan misteri yang ditinggalkan oleh ras kuno bernama First Civilization agar konflik antara kelompok Assassin dan Templar segera berakhir. Sepanjang permainan, para pemain dapat menggunakan beberapa NPC, seperti tentara bayaran, wanita penghibur atau pencuri untuk dimanfaatkan sebagai bala bantuan dalam menyelesaikan sebagian misi.

3. Assassin’s Creed: Brotherhood (2010)

Assassin's Creed Brotherhood

* sumber: www.cgmagonline.com

  • Platform: PlayStation 4, Xbox One, PlayStation 3, Xbox 360, Microsoft Windows
  • Link Download: Klik di sini

Game ini menghadirkan lagi Ezio Auditore da Firenze sebagai karakter yang bisa dimainkan oleh para pemain. Masih tetap berada di zaman Renaissance abad ke-16, pemain akan mempunyai misi yang berfokus untuk memulihkan tatanan kelompok Assassin, serta menghancurkan keluarga Borgia.

Sama seperti di dua game sebelumnya, permainan ini diatur dalam dunia terbuka lewat gameplay dari sudut pandang orang ketiga. Pemain dapat dengan bebas menjelajahi Kota Roma untuk menyelesaikan misi sampingan serta misi utamanya. Game ini juga memperkenalkan komponen multiplayer yang dapat dimainkan sebagai mode program pelatihan pasukan Templar.

4. Assassin’s Creed: Revelations (2011)

Assassin's Creed Revelations

* sumber: store.steampowered.com

  • Platform: PlayStation 4, Xbox 360, Microsoft Windows
  • Link Download: Klik di sini

Assassin’s Creed: Revelations menghadirkan petualangan Ezio Auditore da Firenze serta Altair Ibn-La’Ahad. Kali ini, pemain akan mengikuti perjalanan Ezio untuk membuka lemari besi rahasia milik Altair lewat artefak yang berisi kenangan dari Assassin legendaris tersebut.

Pemain juga nantinya akan disuguhkan pemandangan Konstantinopel abad ke-16 yang memukau serta wilayah Masyaf di Timur Tengah yang eksotik. Selain itu, para pemain mesti merebut kembali kota-kota yang telah dikuasai oleh pasukan Templar. Pemain harus mempertahankannya karena pasukan Templar nantinya akan mengirimkan bala bantuan yang lebih banyak untuk mengambil kota tersebut.

5. Assassin’s Creed III (2012)

Assassin's Creed III

* sumber: www.theaveragegamer.com

  • Platform: PlayStation 4, Nintendo Switch, Xbox One, PlayStation 3, Xbox 360, Microsoft Windows
  • Link Download: Klik di sini

Perang Revolusi Amerika akan menjadi latar belakang cerita game yang satu ini, dan pemain nantinya akan berperan sebagai seorang Ratonhnhake bernama Connor. Ayahnya merupakan seorang pemimpin Ordo Templar di Koloni, sedangkan ibunya berasal dari suku Indian. Connor akan beradu konflik dengan Ordo Templar pimpinan ayahnya yang berniat menguasai negara Amerika yang baru terbentuk.

Alam liar seperti hutan dan pegunungan akan menjadi lingkungan permainan yang sering dijumpai dalam game ini. Pemain bisa dengan bebas menjelajahi tempat tersebut lewat aksi-aksi parkour, seperti berlari di tebing, gunung, memanjat pohon, dan yang lainnya. Selain itu, pemain dapat menggunakan beragam senjata, mulai dari busur panah, tali, hidden blades, pedang dan pistol

6. Assassin’s Creed IV: Black Flag (2013)

Assassin's Creed IV Black Flag

* sumber: www.gamespot.com

  • Platform: Xbox One, PlayStation 3, Xbox 360, Microsoft Windows, Wii U
  • Link Download: Klik di sini

Karakter utama dari permainan ini adalah seorang prajurit yang menjadi perompak di Laut Karibia bernama Edward Kenway. Ia merupakan kakek dari Connor yang merupakan salah satu karakter utama dalam game Assassin’s Creed II. Selepas membunuh seorang Assassin bernama Duncan Walpole, Edward lalu mengambil identitasnya dan bergabung bersama kelompok Brotherhood of Assassin.

Keputusan tersebut membuat dirinya masuk ke dalam bahaya yang lebih besar. Edward yang menyamar sebagai Duncan tidak mengetahui jika kelompok Assassin berseteru dengan pasukan Templar. Hal itu juga diperparah bahwa Duncan telah berkhianat dan malah memihak Templar. Sepanjang permainan, Edward akan diburu oleh para Assassin sembari menghindari kejaran dari kelompok Templar.

7. Assassin’s Creed Rogue (2014)

Assassin's Creed Rogue

* sumber: www.pushsquare.com

  • Platform: PlayStation 4, Xbox One, PlayStation 3, Xbox 360, Microsoft Windows
  • Link Download: Klik di sini

Berlatar pada abad ke-18 selama masa Perang Tujuh Tahun, pemain akan mengendalikan seorang Assassin bernama Shay Patrick yang membelot menjadi prajurit Templar dengan misi untuk memburu para anggota Assassin yang telah mengkhianatinya. Gameplay dalam permainan ini mengabungkan eksplorasi lautan berbasis kapal dan eksplorasi darat lewat pertarungan jarak dekat dan jauh.

Pemain bisa mengontrol kapal The Morrigan sebagai kendaraan maupun alat perang di wilayah lautan. Pemain dapat melepaskan tumpahan minyak ke lautan yang kemudian dapat dinyalakan menjadi kobaran api untuk menghalau musuh. Selain itu, para pemain bisa menggunakan senapan angin untuk membunuh musuh secara diam-diam dari kejauhan saat berada di daratan.

8. Assassin’s Creed Unity (2014)

Assassin's Creed Unity

* sumber: www.pcmag.com

  • Platform: PlayStation 4, Xbox One, Microsoft Windows
  • Link Download: Klik di sini

Di sini, pemain akan berperan sebagai orang Prancis bernama Arno Dorian. Ayah kandungnya telah dibunuh oleh Shay Patrick pada akhir game Assassin’s Creed Rogue. Ia lalu diadopsi oleh keluarga baru, dan ayah angkatnya memegang jabatan sebagai Grand Master dalam Kelompok Templar. Saat ayah angkatnya dibunuh, ia berniat untuk mengurai akar permasalah dengan mendatangi para Assassin.

Berbeda dari game sebelumnya, seri ini menampilkan fitur mirip seperti pohon keterampilan yang digunakan untuk meningkatkan skill dalam stealth, pertarungan jarak dekat dan pertempuran jarak jauh, serta menaikan level kesehatan. Pemain juga memiliki pilihan senjata yang lebih luas, termasuk pedang, kapak, tombak, senapan, pistol, dan barang-barang peledak seperti bom asap dan yang lainnya.

9. Assassin’s Creed Syndicate (2015)

Assassin's Creed Syndicate

* sumber: store.steampowered.com

  • Platform: PlayStation 4, Xbox One, Microsoft Windows
  • Link Download: Klik di sini

Dalam game ini, pemain dapat mengendalikan dua karakter yang bernama Jacob dan Evie Frye. Keduanya adalah seorang Assassin yang memiliki karakter dan kemampuan bertarung yang berbeda. Jacob adalah seorang petarung yang kuat saat melakukan pertempuran jarak dekat. Di lain sisi, Evie lebih tenang karena mengandalkan kecerdasannya dan cerdik dalam teknik bersembunyi.

Evie merupakan karakter wanita pertama yang dapat dimainkan dalam seri utama Assassin Creed. Di sepanjang permainan, pemain akan dibekali senjata seperti brass knuckles, revolver, pedang dan pisau kukri. Pemain nantinya mempunyai misi untuk mengambil alih kota London yang telah dikontrol oleh pasukan Templar selama masa kekuasaan Ratu Victoria di Inggris Raya.

10. Assassin’s Creed Origins (2017)

Assassin's Creed Origins

* sumber: store.steampowered.com

  • Platform: PlayStation 4, Xbox One, Microsoft Windows
  • Link Download: Klik di sini

Dalam Assassin’s Creed Origins, pemain berperan menjadi seorang prajurit bernama Bayek. Ia mempunyai tujuan untuk balas dendam kepada kelompok misterius bernama The Order yang telah membunuh anaknya. Kelompok tersebut ternyata merupakan pendahulu dari Ordo Templar, dan para anggotanya menggunakan topeng dan mempunyai identitas diri yang dirahasiakan.

Lewat perjalanan dari Bayek, pemain dapat mengetahui dan menelusuri asal-usul konflik yang terjadi selama berabad-abad antara Brotherhood of Assassins dengan Ordo Templar. Para Assassin ingin memperjuangkan perdamaian lewat cara bebas, sementara Ordo Templar ingin melakukan hal tersebut melalui pemaksaan ketertiban secara paksa.

11. Assassin’s Creed Odyssey (2018)

Assassin's Creed Odyssey

* sumber: store.steampowered.com

  • Platform: Microsoft Windows, PlayStation 4, Xbox One, Nintendo Switch
  • Link Download: Klik di sini

Di zaman peradaban Yunani Kuno, pemain mempunyai pilihan untuk mengendalikan kakak-beradik antara Alexios dan Kassandra. Keduanya merupakan seorang mercenary yang berasal dari keluarga Sparta terhormat. Akibat sebuah insiden, keluarga mereka terpecah belah dan keduanya menghilang serta dinyatakan tewas karena sebuah kecelakaan.

Mereka ternyata masih hidup dan tumbuh sebagai prajurit bayaran di sebuah pulau asing. Siapapun karakter yang dipilih nantinya, pemain mempunyai tujuan serta misi untuk menyatukan keluarga dari Alexios dan Kassandra.

Game ini menggunakan sistem pohon keterampilan yang memungkinkan pemain membuka kunci kemampuan baru. Ada tiga item yang dapat dibuka, yakni “Hunter” yang berfokus pada serangan jarak jauh melalui penggunaan busur dan panah, “Warrior”, berfokus pada pertempuran berbasis senjata pedang, tombak, dan kapak, serta “Assassin” yang berfokus pada kemampuan membunuh diam-diam.

Game Assassin’s Creed bisa dibilang menjadi salah satu pionir dalam mengusung konsep permainan bertemakan dunia terbuka. Lewat pendekatan tersebut, kalian sebagai pemain akan diajak untuk melakukan eksplorasi secara bebas dalam peta permainan yang luas. Nah, bagi yang ingin menamatkan seri utama Assassin’s Creed satu per satu, daftar pilihan di atas bisa kalian coba mainkan.