Sama-sama Sejutaan, Bagaimana Perbandingan Realme C11 dan Vivo Y11

Diposting pada

Jakarta, vwrides.com – Kompetisi di pasar smartphone tidak hanya di segmen premium saja yang menawarkan harga selangit dengan spesifikasi dewa. Di pasar entry leve dengan rentang harga Rp1 juta hingga Rp2 Juta juga cukup ramai.

Ada Realme, brand smartphone yang rajin mengeluarkan produk barunya menghadirkan seri C11 beberapa waktu lalu. Ada juga vivo yang menawarkan seri Y di segmen pasar ini, salah satuya seri Y11.

Lalu bagaimana kedua smartphone ini mampu memikat para pengguna awal sebuah smartphone? Kami akan mengulasnya dari beberapa sektor.

Desain

Berada di rentang harga sejutaan, kedua smartphone ini mengusung material plastik polikarbonat untuk bodynya. Hanya saja desain realme C11 memberikan kesan premium yang mengambil inspirasi dari lukisan geometris Piet Cornelies Mondrian. Sementara Vivo Y11 tampil cukup sederhana dengan mengedepankan tampilan warna cover yang glossy.

Salah satu yang juga membedakan dari kedua smartphone ini adalah susunan modul dua kamera belakangnya.

Modul kamera Realme C11 dirancang berbentuk kotak yang populer baru-baru ini di produk segmen menengah ke atas. Sedangkan modu dua kamera Vivo Y11 berbaris lurus secara vertikal di sudut kiri atas.

Untuk urusan ergonomis, saya merasa desain Realme C11 lebih nyaman digenggam dengan desain body belakang yang dibuat melengkung. Sementara Vivo Y11 saya merasa ada yang mengganjal digenggaman dengan bentuk kotaknya.

Layar

Untuk penilaian di sektor ini, Realme C11 mempunyai ukuran layar yang lebih besar sedikit dari Vivo Y11 yang mengemas layar HD+ 6,35 inci. Sedangkan layar Realme C11 memiliki ukuran 6,5 inci dan pasti pandangan menjadi lebih luas

Kedua smartphone menawarkan layar dengan poni tetes air sebagai rumah untuk kamera depannya. Hanya saja tetes air milik Realme C11 memiliki ukuran lebih kecil dibandingkan milik Vivo yang lebih lebar

Prosesor

Vivo Y11  diotaki Snapdragon 439 yang memiliki kecepatan 1,95Ghz, sementara Realme C11 mengandalkan Helio G35 yang diklaim terbaik di segmen entry-level dengan kecepatan prosesornya 2,3Ghz.

Kedua prosesor ini sama-sama mengadopsi struktur Cortex A53 sangat ideal untuk pengguna umum dan gamer.

Masing-masing perangkat juga dipasangkan dengan kapasitas RAM dan penyimpanan internal yang sama besar dan luas. Baik Realme C11 ataupun Vivo Y11 memiliki RAM 2GB dan penyimpanan seluas 32GB yang bisa dipacu hingga 256GB.

Kamera

Realme C11 dibekali dengan dua sensor kamera yang ditampung dalam sebuah wadah berbentuk persegi melengkung yang terdiri dari kamera utama 13 MP (f/2.2) dan kamera depth 2 MP (f/2.4).

Untuk kebutuhan fotografi, Vivo Y11 juga dibekali dua kamera belakang dimana kamera utama beresolui 13MP serta Depth Camera beresolusi 2MP.

Untuk kebutuhan selfie, Baik Realme C11 mupun Vivo Y11 tersemat kamera depan berkekuatan 8MP.

Batere

Diantara banyak kesamaan pada smartphone seharga sejutaan ini, batere yang diusung vVivo Y11 dan Realme C11 sama-sama menawarkan batere berkapasitas besar yakni 5.000mAh dengan slot pengisian melalui konektor microUSB.

OS dan UI

Untuk pengoperasian perangkat, Realme menyematkan operating system Android 10 ke perangkat C11 yang dibaut dengan Realme UI. Sedangkan Vivo Y11 menggunakan Android 9 yang dipadukan dengan FuntouchOs.

Kesimpulan

Kedua smartphone memiliki spesifikasi yang nyaris sama dan berimbang. Tetapi Realme C11 memberikan nilai lebih dengan menghadirkan prosesor terbaru dari Mediatek yang diklaim memiliki berbagai keunggulan di kelasnya. Untuk kenyamanan pandangan Realme C11 juga menawarkan tampilan yang sedikit lebih luas.