TikTok Mundur dari Hong Kong

Diposting pada

Jakarta, vwrides.com – Aplikasi berbagi video populer TikTok akan keluar dari pasar Hong Kong dalam beberapa hari, tulis laporan Reuters mengutip juru bicara perusahaan.

Keputusan untuk keluar dari Hong Kong ini terjadi setelah pemerintah China mengeluarkan undang-undang keamanannya yang kontroversial di kota semi-otonom dalam upaya untuk lebih mengontrol akses internetnya, memaksakan penyensoran, dan memaksa perusahaan yang beroperasi di wilayah tersebut untuk menyerahkan data pengguna.

TikTok sendiri memang aplikasi besutan ByteDance yang berbasis di China, namun perusahaan mengatakan data penggunanya tidak disimpan di Cina, setidaknya itu yang dikatakan kepada pemerintah India baru-baru ini setelah aplikasinya diblokir bersama dengan 58 aplikasi lainnya di negara Asia Selatan tersebut.

Menanggapi kebijakan baru di Hong Kong, TikTok mengatakan belum berbagi data pengguna dengan pemerintah sebelumnya dan tidak akan memenuhi permintaan tersebut.

Namun terlepas dari itu, kita masih harus melihat apakah aplikasi berbagi video itu akan menghindari larangan dari negara lain atau bernasib yang sama seperti yang terjadi di India yang menjadikannya kehilangan miliaran dolar.