Tips Melepas Tempered Glass yang Benar, Mudah dan Aman

Tips Melepas Tempered Glass yang Benar, Mudah dan Aman

Diposting pada

vwrides.com – Seiring dengan waktu pemakaian yang cukup lama, Tempered Glass yang terpasang diperangkat samrtphone kita akan mengalami kerusakan, misalnya retak dan pecah pada bagian sisinya. Nah, untuk melepas Tempered Glass tersebut dan menggantinya dengan yang baru kalian bisa melakukannya sendiri dirumah.

Seperti kita tahu, salah satu aksesoris yang cukup banyak digunakan oleh pengguna smartphona adalah pelindung layar dari goresan yang sering disebut dengan Tempered Glass.

Meski sebenarnya beberapa tipe smartphone terbaru sudah dibekali dengan pelindung layar bawaan misalnya Gorilla Glass, namun pemilik tetap memasang Tempered Glass ini sebagai pelindung layar tambahan guna menghindari layar ponsel dari kerusakan, goresan, terkena air, dan hal buruk lainnya.

Tips Melepas Tempered Glass yang Benar

Jika Tempered Glass yang terpasang di perangkat yang kalian sudah waktunya untuk diganti, kalian bisa melepas Tempered Glass tersebut sendiri di rumah dengan bantuan alat-alat sederhana yang ada di rumah kalian.

Cara ini cukup efektif dan dijamin aman, jika kalian melakukannya dengan sabar dan tidak terburu-buru. Berikut ini adalah cara yang bisa kalian lakukan jika ingin melepas Tempered Glass sendiri di rumah.

Alat-alat yang diperlukan:

  1. Hair Dryer atau pengering rambut
  2. Kartu ATM, atau sejenisnya dengan permukaan tipis dan kaku
  3. Lakban

Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama, pastikan bahwa smartphone yang akan dibuka Tempered Glass dalam kondisi mati/nonaktif.
  • Selanjutnya, nyalakan hair dryer dan posisikan pada pengaturan suhu yang paling rendah.
  • Kemudian, panaskan permukaan tempered glass tersebut dengan menggunakan hair dryer selama kurang lebih 15 detik dan lakukan secara merata di seluruh permukaan tempered glass.
  • Nantinya, panas dari pengering rambut tersebut akan melelehkaan lem perekat yang terdapat pada Tempered Glass.
  • Selanjutnya, congkel salah satu sudut Tempered Glass menggunakan kuku jari tangan atau menggunakan bantuan alat seperti kaartu atm atau sejenisnya sampai permuakan sudut berhasil terangkat.
  • Untuk hasil yang lebih aman, jangan hanya melepas tempered glass dari satu sudut, coba congkel lapisan pelindung dari semua sudut.
  • Setelah bisa terangkat sedikir demi sedikit, kalian bisa juga dengan menambahkan panas lagi dari hair dryer untuk mempermudah mengangkatnya.
  • Lakukan sedikit demi sedikit secara sabar dan tidak terburu-buru secara merata hingga seluruh tempered glass sudah terlepas dari layar smartphone kalian.
  • Atau jika ingin lebih mudah setelah sebagian permukaan tempered glass sudah terangkat kalian bisa menggunakan lakban yang ditempelkan pada permukaan tempered glas sebagai bantuan pegangan untuk menariknya.

Demikian tips bagaimana cara melepas Tempered Glass yang baik dan benar. Cara diatas juga kerap digunakan oleh para teknisi ponsel yang memperbaiki dan melepas tempered glass lama.

Namun, redaksi sangat menganjurkan jika kalian ragu maka sebaiknya jangan melakukan hal tersebut dan bawa saja smartphone kesayangan kalian di teknisi agar lebih aman karea dilakukan oleh teknisi yang berpengalaman.

Selamat mencoba.