Wali Kota Medan Berharap Mahasiswa Jadi Penerus Bangsa yang Mampu Menjaga dan Merawat SDM

Wali Kota Medan Berharap Mahasiswa Jadi Penerus Bangsa yang Mampu Menjaga dan Merawat SDM

Diposting pada

MEDAN Vwrides.com | Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution SE MM menjadi narasumber dalam seminar yang bertemakan Optimalisasi Migas Untuk Mewujudkan Berdikari Secara Ekonomi, Selasa (1/6) di Gedung LPMP, Jalan Bunga Raya, Kecamatan Medan Selayang. Seminar dalam rangka Hari Lahirnya Pancasila ini digelar oleh Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Sumut.

Dalam pemaparannya, Wali Kota Medan mengatakan Mahasiswa memiliki peran penting kedepannya dalam mengembangkan sumber daya mineral salah satunya Minyak dan Gas Bumi (Migas). Oleh karena itu Seminar dengan tema ini sangat tepat digelar untuk menambah ilmu pengetahuan dan wawasan mahasiswa terkait dengan Migas.

Menurut Wali Kota Medan, Migas merupakan Sumber Daya Mineral (SDM) yang memiliki potensi besar di Indonesia. Oleh karena itu dengan potensi tersebut tentunya kita bisa mandiri secara ekonomi melalui energi. Akan tetapi harus kita pahami bersama proses Migas tersebut dari hulu sampai ke hilir.

“Sektor Migas merupakan investasi yang besar, oleh karena itu jika ada mahasiswa yang jurusannya berkaitan dengan Migas agar dapat lebih berkonsentrasi untuk menjadi generasi yang unggul dan berprestasi dalam pengembangan dan mengeksplorasi Migas,” Kata Wali Kota.

Wali Kota Medan menambahkan Migas juga merupakan aset dan nilai yang harus kita jaga bersama untuk keberlangsungan hidup kedepannya. “Oleh karena itu sebagai generasi penerus bangsa, Mahasiswa harus dapat merawat dan menjaga aset tersebut dengan cara menuntut ilmu pengetahuan yang lebih tinggi agar kedepannya dapat mengoptimalkannya,” ujar Wali Kota.

Mewakili masyarakat Kota Medan, Bobby Nasution berharap pengoptimalan ketersediaan Migas yang terpenting, karena masyarakat langsung yang merasakan manfaatnya. Salah satunya adalah nelayan yang menggunakan BBM untuk menangkap ikan di lautan, untuk itu ketersediaan dan penyaluran juga harus menjadi perhatian kedepannya.

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Medan juga mengajak GMNI untuk mendukung Program Prioritas Pemko Medan. Salah satunya adalah dibidang kesehatan dimana ditengah Pandemi Pemko Medan berfokus pada penekanan penyebaran Virus Covid-19.

Selain Wali Kota Medan dalam seminar yang dimoderatori Ketua GMNI Medan Samuel Gurusinga ini juga menghadirkan narasumber Arilda Septiania dari SKK Migas dan Ketua DPP GMNI, Arjuna P Aldino. Dalam paparanya, Arilda Septiania berharap agar Pandemi Covid-19 ini segera berakhir sehingga akan berdampak baik pada sektor Migas.

“Selama ini daya beli masyarakat di sektor Migas berkurang karena Pandemi yang mengharuskan masyarakat lebih banyak beraktivitas secara Daring. Jika ini terjadi maka Sektor Migas fan Perekonomian Indonesia akan segera pulih”, jelasnya.

Sedangkan Ketua DPP GMNI menyampaikan Negara Harus hadir untuk mengawasi Perekonomian Indonesia dengan tidak bergantung dari Luar, sebab Sumber Daya Mineral di Indonesia sangat melimpah ditambahkan lagi jika kita dapat memanfaatkan energi baru dan terbarukan.

Di akhir acara yang juga merupakan rangkaian Kaderisasi Tingkat Menengah GMNI Sumut ini Wali Kota Medan dan narasumber lainnya menerima Cenderamata dari Ketua GMNI Sumut sebagai ungkapan terima kasih atas partisipasinya dalam Seminar. (er)