Xiaomi Siapkan Dua Smartphone Dengan Kamera 108MP

Diposting pada

Jakarta, vwrides.com – Sektor kamera menjadi nilai jual smartphone, sehingga tidak mengherankan sejumlah vendor menyiapkan sensor kamera mumpuni. Salah satunya Xiaomi.

Dilaporkan GSM Arena, Xiaomi sedang menyiapkan kedua ponsel baru, yang dibekali kamera utama 108 MP dan 64MP.

Bocoran baru ini berasal dari kode sumber yang ditemukan di dalam MIUI 12 dan mengungkapkan kedua ponsel baru bakal hadir dengan kamera belakang quad.

Ponsel tersebut memiliki codename yang disebut dengan Gauguin dan Gauguin Pro. Gauguin Pro, dengan kamera 108MP. Selain itu, Gauguin non-pro dengan penembak utama 64 MP juga ikut sedang dikerjakan.

Ponsel diharapkan tersedia secara global dan ditenagai chipset buatan Qualcomm berbeda dari ponsel Xiaomi sebelumnya yang dirilis pada akhir tahun ini yang menggunakan chipset dari MediaTek.

Belum ada informasi tentang sensor kamera yang akan digunakan pada ponsel dengan resolusi kamera 108MP tersebut, tetapi jika dilihat pada Mi Note 10 dan Mi 10, ada kemungkinan kalau Xiaomi akan menggunakan sensor dari Samsung yaitu ISOCELL Bright HMX. Sementara itu, Samsung menggunakan ISOCELL Bright HM1 pada seri Galaxy S20.

Kedua sensor kamera 108MP berbeda dalam hal pixel-binning, karena HMX menggunakan binning empat-dalam-satu untuk memberikan hasil yang setara dengan kamera 27MP 1,6 mikron. Sementara itu, sensor HM1 yang terlihat pada seri S20 menawarkan binning sembilan-dalam-satu untuk menghasilkan bidikan yang sebanding dengan kamera 12MP 2,4 mikron piksel.

Baca Juga :Xiaomi Mulai Rilis Update MIUI 12 untuk 13 Smartphone

Selain itu, kedua member XDA-Developers tersebut memberitahukan bahwa kedua ponsel tersebut akan dirilis di Cina, India, dan global. Melansir Digital Chat Station, laman GSM Arena menuliskan, chatroom mereka mengonfirmasi ponsel Gauguin hadir dengan spesifikasi bervariasi di setiap wilayah pemasaran.

Seperti diketahui Xiaomi disebut-sebut perusahaan pertama yang merilis ponsel dengan kamera beresolusi 108MP melalui Mi Note 10 pada akhir tahun 2019 lalu. Kemudian tidak lama setelah itu, Xiaomi kembali merilis ponsel yang juga menggunakan kamera beresolusi 108MP, yaitu Mi 10.

.